03 Oktober 2016
TERIMAKASIH
Walau kita belum terlalu lama saling mengenal tapi terimakasih atas
prasangka baikmu kepadaku.
Beberapa waktu lalu ada sedikit kesalahpahaman yang terjadi tentang
diriku dan kejadian itu cukup menohok untuk dijadikan bahan evaluasiku. Ada
seorang siswa mengadu pada wali kelasnya ‘Bu, ibu tahu gak? Bu Dian kan
kehilangan buku nilainya terus dia marah-marah kayak nyalahin kita bu. Soalnya
dia terakhir ngajar di kelas ini bu’.
JLEB!!! Marah-marah? Jangankan marah, membentak sekali saja saya tidak
pernah. Ini bukan pendapat saya tapi pendapat anak-anak. Pernah suatu ketika
salah satu anak nyeletuk dan suaranya dapat terdengar hingga satu kelas ‘Bu
Dian, kalo marah gimana ya? Apa-apa di buat becanda mulu, capek saya ketawa
mulu’. Saya hanya tertawa ngakak. ‘gimana saya bisa marah?! Baru masuk, ngeliat
kalian. Pikiran saya uda piktor duluan, haduuuuhhhh....’.
Saya itu paling tidak bisa marah dengan anak IPA. Saya jelasin materi,
mereka diem. Saya kasih tugas, dikerjain. Saya buat ulangan dadakan, awalnya
sih ngeluh tapi nilainya pada 100. Bahkan anak yang paling badung pun, ketika
saya bilang ‘tugas kamu kurang nih, yang ini’ langsung dikerjain. Gimana saya
bisa marah coba? Alhasil, anak IPA itu terlalu serius. Karena itu saya buat
suasana selalu cair. Andaikata mereka melihat saya kalau marah di kelas IPS atau
SMK pasti mereka tidak akan menyangka saya bisa seperti itu.
Karena itu, ketika ada salah satu anak berkata saya marah-marah, agak
syok juga. Jadi, ada toh. Anak yang salah mengartikan gurauan saya. Saat itu
saya memang kehilangan buku nilai, dan seperti biasa saya selalu menceritakan
apapun kepada mereka. Jangankan masalah sekolah, masalah pribadipun sering saya
ceritakan ke mereka. Saya laper, saya lagi males ngapa-ngapain, bahkan saya
keplesetpun suka saya ceritain. Maka saat kehilangan buku nilai saya pun
ceritakan dengan harapan mungkin ada yang pernah lihat dan itu pun dengan nada
becanda ‘saya keilangan buku nilai nih’. Kemudian mereka sangat antusias
membantu saya
A : “di kelas lain
kali bu”
Dian : “uda saya datengin
satu-satu tapi ga ada”
A : “keselip di meja
ibu”
Dian : “ga ada juga”
A : “dirumah kali bu”
Dian : “saya ga pernah bawa
pekerjaan ke rumah”
A : “lupa kali bu,
mungkin keselip di rumah”
Dian : “Seinget saya
terakhir make di kelas ini, kalo di bawa kerumah kayaknya ga mungkin” dengan
melassss
A : “udahlah bu, saya
inget kok nilai anak-anak kelas ini. Nilainya 100 semua kecuali alifa (anak
yang paling pinter)”
Et dah, saya lagi pusing di bencadain aja. Gimana saya bisa marah coba?
Bawaannya ketawa mulu.
Mungkin statement terakhir saya yang salah artikan oleh anak tersebut.
Dan saya tidak menyangka, walau diakhiri dengan candaan ternyata ada anak juga
yang membawanya ke hati yang ia sampaikan ke wali kelasnya.
Andaikata kamu tidak mempercayai ku, mungkin posisi kamu sebagai wali
kelas sudah akan berpihak terhadap anak-anakmu. Tapi sungguh, aku
berterimakasih karena engkau lebih mempercayaiku bahkan sebelum engkau bertabayun
kepadaku. Usut punya usut, ternyata siswa tersebut memang sedang butuh
perhatian. Dan mencari perhatiannya melalui wali kelasnya.
Ya, kadang kita harus mempercayai apa yang kita yakini dibanding dengan
mempercayai perkataan oranglain yang belum di ketahui kebenarannya. Tapi perlu
di ingat, jangan sekali-kali melibatkan perasaan di dalam. Karena Allah sangat
mudah membolak-balikan hati.
#CatatanHatiSeorangGuru5
Tidak ada komentar:
Posting Komentar